Social Distancing, Manfaatkan Pekarangan Rumah Anda

Posted on

Lombok Timur-Pandemi Virus Corona (Covid-19) membatasi interaksi sosial masyarakat di Indonesia. Imbauan dari pemerintah pusat maupun daerah masyarakat diminta berdiam diri di rumah.

Masa social distancing (pembatasan interaksi sosial) pun mengharuskan sebagian karyawan bekerja dari rumah. Bosan dan jenuh, sebagian komentar orang-orang yang sudah dua minggu ini di dalam rumah.

Ketua Umum Dewan Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) TGB HM Zainul Majdi tak henti memberi motivasi bagi masyarakat, baik melalui video singkat maupun tulisan. Diantara yang cukup menginspirasi adalah mengisi kesibukan dengan bercocok tanam. Jangan pikirkan lahan luas. Cukup manfaatkan pekarangan.

Melalui akun media sosialnya @tuangurubajang, TGB menuliskan :
Alhamdulillah.
Dalam sebuah hadis, Rasulullah Shallallahu alayhi wa alihi wasallam sampaikan,
ما أكل أحد طعاما قط خيرا من عمل يده… “
Tidak ada makanan yang lebih baik dari makanan hasil jerih payah sendiri” °
Saya teringat pesan Rasul ini saat melihat kebun di rumah. Walaupun pasar hanya berjarak beberapa puluh meter , namun Istri saya gemar menanam sendiri kebutuhan dapur. °
Ada sayuran hidroponik,  berbagai ragam rempah dapur sampai sirih untuk jejamuan, suji dan pandan untuk olahan jajan, sampai alpukat yang baru ‘belajar berbuah’. °
Tidak hanya menghemat kebutuhan rumah atau mengedukasi anak-anak. Hobi ini ternyata sangat bermanfaat saat harus #diamdirumah hari-hari ini. °
Hadis Rasul diatas tak hanya berguna untuk individu namun juga untuk suatu bangsa. Kemandirian adalah salah satu pilar kekuatan nasional.
Ayo bangun kemandirian.
Tulisan dari Ketua Organisasi Islam Alumni Al Azhar (OIAA) ini sekaligus menampilkan ragam foto sayuran hidroponik, tanaman obat, hingga buah yang ditanam di halaman rumah TGB di Lombok Timur.
Sayuran hidroponik di halaman rumah TGB HM Zainul Majdi.

 

Buah yang ada di halaman rumah TGB HM Zainul Majdi.

Ya, inspirasi dari TGB ini tentu bisa dicontoh. Banyak diantara kita yang begitu sibuk bekerja, lupa memanfaatkan lahan di sekitar rumah. Dengan menanam aneka sayur, buah, maupun tanaman obat bisa memperkuat ketahanan keluarga.

Bagi kita semua yang sedang dilanda kebosanan selama berada di rumah, rasanya menyenangkan mulai bercocok tanam. Tetap berdiam diri di rumah, namun tetap menyenangkan.(msi)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *